Translate

Copyright © 2014 News Magazine Theme. Designed by Ang Li-JASON. Powered by Blogger.
Home » » Bedah Lagu Folk / Black Metal Terbaik: Alma Mater

Bedah Lagu Folk / Black Metal Terbaik: Alma Mater

Moonspell - Alma Mater (Wolfheart)


Pada kesempatan ini saya akan membedah sebuah lagu fenomenal bergenre Black metal berjudul Alma mater. Lagu eksotis yang menghipnotis ini datang dari band besar asal Portugal, Moonspell. Bagi sebagian pecinta musik metal, Alma mater adalah salah satu lagu yang paling diapresiasi dan merupakan track wajib yang harus masuk playlist. Semenjak rilis, hingga kini makna lagunya masih menjadi misteri yang terus diperbincangkan. Lirik lagu ini juga terasa seperti puzzle yang dibalut dengan kata-kata puitis disetiap lariknya. Oleh karena itu saya tertarik untuk mengulas lagu ini secara mendetail hingga tuntas.

________________________________________________

Alma mater

Mother Tongue speaks to Me
In the strongest way I've ever seen
I know that she sees in Me
Her proudest child, her purest breed
Bahasa Ibu bertutur padaku
Melalui cara yang tak jua ku pahami
Aku tahu jikalau ia menaungiku
putra kebanggaanya, anak asuhnya yang termurni.

Terdapat banyak arti "mother" didunia ini, representasi-nya bisa mencangkup mother earth, mother nature, mother tongue, mother land, dsb. Sedangkan Mother disini merujuk pada mother tongue (bahasa ibu) dan memiliki relasi khusus dengan mother land (tanah air). Tanah air adalah bahasa lain dari sebuah negara, sedangkan bahasa merupakan simbol langua franca sebuah bangsa yang berfungsi sebagai alat pemersatu. Kalimat "Her proudest child" bermakna konotatif sebagai putra - putri generasi penerus bangsa. Dalam bait pertama lirik ini sudah dapat terbaca apabila tema yang hendak disuguhkan adalah rasa nasionalisme atau patriotisme.

She speaks to Me in colours
That I can't really understand
I only know that they are ours
And to those I'll proudly bend
Ia berujar padaku dalam corak rupa
yang tak dapat ku mengerti
Yang kutahu dia adalah (milik) kita
Dan teruntuk itu akan ku belenggu dengan kebesaran hati

"She" (dia) disini adalah Mother tongue (Bahasa Ibu): yang dalam konteks lagu ini merupakan bahasa Portugal, namun si "Narator" (aku) yang merupakan generasi baru tidak mampu memahami sebuah pesan tersirat di masa lalu. Sebuah pesan berupa ujaran kata berbahasa Portugal yang bisa dikatakan melegenda, yang mungkin mempunyai kedudukan sama dengan identitas sebuah bangsa. Sedangkan seorang tokoh beserta pesan yang disampaikanya tersebut telah dianggap sebagai bagian dari dirinya, sesuatu yang ia banggakan. Nah, perihal siapa tokoh yang dimaksud akan dijelaskan di bait selanjutnya.

For I am your only child
And you my dearest mystery
From an ancient throne I defy the world
To kneel before the Power within.
Karena akulah satu-satunya puteramu
Dan engkau tabir rahasia tercinta
Dari takhta kuno ku tantang dunia
Untuk berlutut pada sebuah kuasa.

Ia menyatakan diri sebagai orang satu-satunya yang menganggap tokoh tersebut sebagai sesuatu yang berharga. Ia menganggapnya bagai seorang Ayah (pemimpin), sehingga pesan yang pernah singkat tertera akan ia patuhi. Tahta disini berkaitan dengan singgasana pemerintahan, dan "ancient" bermakna sebagai sesuatu yang sudah berumur sangat lama. Dari sini sudah terdapat sebuah titik terang jika tokoh di lagu ini merupakan orang yang pernah bergerak di bidang pemerintahan jauh di masa lalu.

For I am your only child
And you my dearest mystery
World can't you see it?
Am I alone in my belief?
Karena akulah satu-satunya puteramu
Dan engkau tabir rahasia tercinta
Dunia tidakkah engkau melihatnya?
Apakah aku seorang diri perihal keyakinanku?

Ia menanyakan pada seluruh umat manusia yang ada, jikalau diantara mereka ada yang berkeyakinan sama dengan apa yang diyakininya. Ia meminta dunia untuk bersuara mengenai keyakinan yang ada di dalam hatinya.
Virando costas ao Mundo
Orgulhosamente sós
Glória Antiga, volta a nós!
Akhirnya dari sinilah siapa tokoh dalam lagu ini memungkinkan untuk ditebak. Penggalan kata berbahasa portugal diatas merupakan deklarasi perang terkenal yang dikumandangkan António de Oliveira Salazar. Sedangkan arti dari deklarasi tersebut kurang lebih:

Beralih kembali ke Dunia
Dengan bangganya seorang diri
Kejayaan kuno, kembalilah kepangkuan kami!

Salazar adalah diktator berideologi fasis yang pernah memimpin Portugal dari tahun 1932 dan menjabat selama hampir 40 tahun. Pada tahun pertama menjadi tampuk pimpinan, ia mendirikan Estado Novo: sebuah rezim otoriter berdasarkan nasionalisme, Katolik dan anti-komunisme. Meskipun Salazar berpandangan fasis seperti Adolf Hitler (Jerman) dan Mussolini (Italia), tapi saat berlangsungnya perang dunia II ia tetap bersikap netral. Di pertengahan rezimnya kala itu ia pernah digoyang oleh badai opoisisi dan di Afrika Imperium Portugis mulai goyah. Setelah mengundurkan diri, masa baktinya yang hampir 40 tahun tetap menjadi landmark dirgahayu politik untuk seorang pemimpin di Portugal.

Perdana menteri Portugal ke II, Antonio De Oliveira Salazar (Img. Source: forumdefesa.com)
Breaking waves announce my Bride
It is the only way the Sea could sing
Legends of Lusitanian pride
He sings the words I cannot spring
Terjangan gulungan ombak menyampaikan pengantinku
Ini adalah satu-satunya cara sang lautan bisa menyanyi
Legenda kebanggaan pribumi Lusitania
Ia nyanyikan istilah yang tidak dapat ku ungkap

Laut adalah simbol kejayaan para bangsa penakluk, dengan perantara laut mereka melalang buana ke daratan yang hendak ditaklukkan. "Lusitania" adalah bangsa Indo-Eropa yang merupakan penguasa dimasa lalu serta memliki hubungan dengan kerajaan Romawi. Sepak terjangnya di masalalu sendiri hingga kini masih menjadi perbincangan para arkeolog dan sejarawan.

At the Moon Mountain six wolves cry
Your lost glory we'll regain or die
Pada Gunung Rembulan, enam serigala menumpahkan air mata
Kejayaan kalian sirna, akan kami dapatkan kembali atau mati

"Gunung Rembulan" merupakan nama kuno yang berasal dari bahasa Latin (Montes Lunae) untuk menyebut gunung legendaris yang berada di timur Afrika. Hal ini memiliki relasi dengan masa imperium Portugal di bait awal bahwasanya Afrika adalah daerah jajahan mereka.
Lalu apa maksud dari "enam serigala" disini?. Enam serigala tersebut merupakan metafora dari jumlah personil band Moonspell. Secara khusus album art cover wolveheart sendiri berwujud serigala. Lewat bait ini mereka mencoba merefleksikan tentang keinginan mereka dari hati yang terdalam jika mereka menginginkan kejayaan bangsa mereka tetap terjaga.

For I am her only child
And she is my dearest mystery
Pagan Gods in conspiracy
For the sword of Tyranny
Karena akulah putera satu-satunya
Dan engkau tabir rahasia tercinta
Dewa-dewi pagan dalam konspirasi
Teruntuk sebuah pedang tirani

Mengapa dalam bait ini disebutkan kata "Dewa"?. Kembali ke judul lagu sebagai petunjukya, "Alma Mater". Judul lagu ini diambil dari nama julukan dewa Portugal kuno yang berasal dari bahasa latin yang arti komplitnya adalah nourishing mother (Ibu kehidupan). Sedangkan dalam arti terpisah, Alma berarti gadis perawan yang memberi kehidupan, sedangkan mater artinya adalah keibuan.
"Pedang tirani" yang dimaksud disini adalah sistem pemerintahan tangan besi Salazar semasa memimpin Portugal. Tirani merupakan istilah negatif yang muncul dari beragam ideologi dalam pemerintahan absolut seperti fasisme.

________________________________________________

Bagaimana kesan anda serta apa yang terbesit di pikiran anda setelah menilik ulasan lirik lagu di atas?. Mungkin bingung adalah kesan pertama yang timbul, namun bila kita berusaha mengikuti alur storyline lagunya, sensasi saat mendengarnya tentu akan lebih luar biasa.

Awalnya saya menebak jika Alma Mater artinya adalah bekas sekolah atau universitas, itulah yang saya temukan dari beragam kamus. Namun terasa janggal karena liriknya sama sekali tidak menceritakan tentang hal yang berkaitan dengan dunia pendidikan. Ternyata Alma mater disini adalah nama salah satu dewi dalam mitologi kuno Portugal. Sesosok dewi yang digambarkan memiliki sifat keibuan dan pemberi kehidupan yang mengabulkan setiap harapan. Sedangkan cerita di balik lirik lagu ini adalah sejarah kejayaan Portugal dimasa kuno beserta tokoh besar yang pernah memimpin di masa berikutnya. Selama beberapa bulan saya terus mengumpulkan informasi untuk mencari makna sebenarnya dari lagu ini. Dan itulah jawabanya.

Saat sesi wawancara yang saya kutip dari Metal-Archieves, Fernando Ribeiro sang vokalis Moonspell mengungkapkan jika sederhananya lagu ini mewakili rasa cintanya terhadap Negaranya sendiri, portugal. Ia juga menambahkan jika lagu ini merupakan lagu yang bertemakan patriotisme. Meskipun secara eksklusif membicarakan Portugal, namun ia menegaskan jika lagu ini menyuarakan rasa persatuan di seluruh dunia. Lagu ini bersifat universal yang bukan hanya dimiliki moonspel secara personal, lagu ini adalah milik kita semua, ujarnya.

Dari sisi musikalistasnya lagu yang artistik ini merupakan perpaduan antara folk, black metal, gothic dan ambient. Bahkan berawal dari lagu ini, band folk metal legendaris Cruachan menyebutnya sebagai titik awal perkembangan folk metal.

Dapat juga dilihat jika kapasitas bermusik band Moonspell sangatlah luar bisa: mereka menuangkan imajinasi, wawasan, inteligensi dan penguasaan bahasa ke dalam sebuah karya. Ditunjang dengan lirik yang dikombinasikan dari esensi paganisme ciri khas black metal, sejarah kuno peradaban, penggambaran tokoh nasional, serta permainan kata penuh misteri yang menuai teka-teki, lagu ini layak dinobatkan sebagai salah satu tembang black metal terbaik.

________________________________________________

Moonspell's Wolfheart original album

Moonspell line-up

Moonspell 
Negara:                 Portugal
Lokasi:                  Lisbon
Tahun terbentuk:  1992
Genre:                   Black Metal, Gothic Metal
Tema:                    Dark Folklore, Macabre Poetry
Label:                    Napalm Records 
Members:
Miguel Gaspar         (Drums)
Pedro Paixão          (Keyboards, Guitars)
Fernando Ribeiro     (Vocals)
Ricardo Amorim      (Guitars, Keyboards)
Aires Pereira           (Bass)
Comments
0 Comments