Translate

Copyright © 2014 News Magazine Theme. Designed by Ang Li-JASON. Powered by Blogger.
Home » » Doris Yeh : Bassist Jelita Yang Bawakan Musik Ekstrim

Doris Yeh : Bassist Jelita Yang Bawakan Musik Ekstrim

"Doris Yeh telah masuk ke dalam daftar "The 50 Hottest Girl In Rock", serta masuk dalam kategori Hottest Chick versi majalah Revolver, bahkan mengalahkan ketenaran ratu metal asal Italia, Christina Scabia (Lacuna Coil)."

Img Source: Encyclopaedia Metallum

Name             Doris Yeh  閃靈貝斯手
Nickname       Thunder Tears
Band               CHTHONIC  閃靈的官方臉書頁
Genre             Extreme- Oriental Folk, Symphonic Death/Black Metal
Label              Spinefarm/Universal
Location         Taipe-Taiwan
Education        National Taipei University
Favorite Band  Iron Maiden|Nine Inch nails|Slayer|Emperor|






Doris Yeh a.k.a "Thunder Tears" adalah seorang bassist dari band beraliran Symphonic Death|Black Metal asal Taiwan, Chthonic. Meskipun ia seorang perempuan dan membawakan genre musik yang tergolong cukup ekstrim, hal tersebut sama sekali tidak menghilangkan esensi keindahanya sebagai seorang wanita.
Dia bersama dengan vokalis Chtonic Freddy Lim merupakan aktivis politik dan hak asasi manusia di negaranya serta mendukung kemerdekaan negara Taiwan.
Dalam karirnya, karena daya pikat dari kecantikanya Doris pernah menjadi cover di beberapa majalah seperti majalah dewasa FHM, majalah musik Inggris tentang musik hardrock dan metal, Revolver, serta majalah lokal Taiwan HQ. Selain itu ia juga pernah berakting di film drama televisi berjudul Tears.

Doris Yeh FHM Magazine Cover
Band Chthonic sendiri dalam bermusiknya terinfluence dari musik folk Taiwan termasuk "erhu" (instrumen klasik Cina). Band yang memulai debutnya di tahun 1995 ini dikenal dengan kostum panggungnya yang surprising, dengan embel-embel riasan corpse paint ala band Black Metal Skandinavia. Nama band Chtonic sendiri diambil dari nama Yunani untuk istilah yang merujuk pada bumi dan dunia bawah tanah (neraka), sedangkan di barat mereka mengucapkanya thonic. Untuk menambah nuansa gelap dalam band, keyboardist Chthonic CJ Kao mengenakan kain sakral di kepalanya yang bertuliskan lafal China, yang menurut mitologi lafal tersebut merupakan mantra untuk membangkitkan Vampir dari kematianya.

Sedangkan ideologi dari band berfokus pada paganisme, dengan tujuan memunculkan kembali ke permukaan tentang sejarah-sejarah kuno dan mitologi ke dalam era modern. Seperti peristiwa pemberontakan Wusha yang bermula di tahun 1930 dan menjadi perlawanan yang terakhir untuk menentang kolonialisme Jepang di Taiwan. Sebagai respon atas penindasan Jepang, penduduk native Taiwan yang terrgabung dalam kelompok Wushe menyerang desa dan mengakibatkan 130 orang Jepang terbunuh. Jepang-pun melakukan serangan pembalasan yang brutal hingga membantai ribuan penduduk native Taiwan.Terutama untuk menumbuhkan kesadaran tentang kisah mistis Taiwan dan peristiwa tragis di negara tersebut. Disaat melakukan konser tur ke Amerika Utara, mereka mendapatkan pesan yang berisi ancaman dari orang berkebangsaan Cina yang tidak diketahui identitasnya. Musik Chthonic sendiri mendapat larangan keras di pasarkan di Cina karena pandangan politik mereka.

Doris Yeh FHM Magazine Cover 2
Di tahun 2003 dan 2009 band ini pernah mengadakan konser bertajuk pembebasan Tibet di Taiwan. Freddy Lim sang vokalis dan organisasi seni festival musik internasional di tahun 2007 pernah mengadakan peringatan 60 tahun dari "Insiden 288" yang diberi nama "Spirit of Taiwan : with justice we cure the nation". Insiden 288 adalah tindak kejahatan dari penindasan yang dilakukan oleh pimpinan KMT Pemerintahan Republik Cina dan di awali pada 28 Februari (2|28), yang mana kejadian tersebut mengakibatkan banyak rakyat sipil tewas. Dalam sejarah modern Taiwan ,peristiwa tersebut merupakan cikal bakal yang mendorong terbentuknya gerakan kemerdekaan Taiwan.

Band ini juga di kenal sebagai band yang dermawan; disaat Taiwan terkena bencana angin topan yang meluluh lantahkan hampir setiap penjuru desa, mereka memberikan donasi amal yang di dapat dari hasil dua kali konser. Sedangkan pada maret 2011 setelah Jepang diguncang gempa bumi hebat, Chthonic turut menyumbangkan lebih dari satu juta dollar Taiwan untuk membantu mereka.

Rilisan album mereka yang diberi nama "Mirror of Retribution" rilis lewat label rekaman terkemuka Spinefarm Records diproduseri, Sedangkan produsernya datang dari Rob Caggiano, gitaris dari band legendaris thrash metal Amerika, Anthrax. Pada tahun 2012 lalu Chthonic juga tampil di festival musik metal terbesar di dunia Wacken Open Air Jerman dan sempat berkolaborasi bersama salah satu anggota band folk metal asal Finlandia, Turisas. (Ang)


Dua sisi kontras dari Doris Yeh.
Comments
1 Comments